Cara Ampuh Berhenti Merokok


Berhenti merokok itu memang sangatlah sulit , apalagi bagi perokok yang sudah bertahun - tahun itu sangatlah sulit untuk berhenti dari kebiasaan merokok . Tapi jika kamu mempunya niat yang kuat untuk berhenti , tidak ada yang mustahil. Tetapkan pendirian untuk menuju hidup yang lebih baik lagi .
Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba :


1. Hindari Kebiasaan Yang Membuat Kamu Merokok

Hindarilah alasan utama yang membuat kamu untuk merokok, seperti minum kopi, alkohol, acara malam, berdebat, dan lain sebagainya. Jika kamu tidak bisa melawan godaan tersebut cobalah untuk minum produk susu, makan buah, dan sayuran. Menurut beberapa survey makanan tersebut akan memberikan rasa kurang nyaman saat kita merokok.

2. Mencari Kesibukan

Terutama saat awal mencoba tips berhenti merokok ini, carilah kesibukan dengan hal-hal yang kamu sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu sendiri, sehingga terbebas dari rokok

3. Kunjungi Tempat Tanpa Asap Rokok

Cobalah untuk menghabiskan waktu berjam-jam sehari dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti misalnya perpustakaan atau toko buku. Namun apabila kamu ingin ngopi bareng temen, saya sarankan memilih no-smoking area atau daerah tanpa asap rokok.

4. Selalu Siapkan Cemilan

Tips berhenti merokok selanjutnya adalah dengan selalu menyiapkan cemilan. Kamu bisa memilih jenis cemilan sesuai selera masing-masing. Kalau saya pribadi lebih suka kunyah permen karet ketika hasrat merokok muncul. Adanya cemilan ini berguna mengalihkan perhatian agar tak merokok lagi.

5. Mintalah Dukungan

Utarakan niat baik untuk berhenti merokok ini kepada orang-orang terdekat, baik itu pasangan, sahabat, ataupun keluarga. Mereka akan sangat membantu dalam mengingatkanmu untuk berhenti merokok.

6. Tetapkan Tanggal Mulainya


Harus ada tanggal pasti kapan kamu memulainya. Meskipun nanti ada saja hambatan ketika ingin mencobanya, terutama stres. Biasanya stres muncul ketika hari pertama sampai ketiga, atau bisa juga seminggu.


Jadi, ketika sudah mendekati tanggal kamu harus siap mental dan emosional. Ingat, jangan kamu menundanya lagi. Semakin cepat memulainya, maka semakin panjang usiamu nanti.

7. Perbanyak Air Putih

Tips selanjutnya agar berhenti merokok yang paling mudah yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Dengan minum air putih, Anda bisa mengatasi rasa asam pada mulut dan bisa menyehatkan tubuh Anda. Ketika akan merokok minumlah satu gelas air putih dengan sendirinya hasrat merokok Anda akan hilang.

Komentar